Telekomunikasi

Telekomunikasi adalah

Hasil gambar untuk telekomunikasi


Telekomunikasi ialah suatu teknik untuk menyampaikan atau mengirim sebuah informasi. Bentuk komunikasi jarak jauh yang menggunakan sinyal telekomunikasi ini dibagi menjadi 3 Bagian. yaitu
1. Komunikasi 1 Arah atau dalam artian komunikasi Simplex. Komunikasi jenis ini hanya bisa mengirim tanpa bisa menerima, contohnya alat elektroniknya ialah TV dan Radio.
2. Komunikasi 2 Arah Atau dalam artian komunikasi Duplex. Komunikasi duplex ini dapat mengirim dan menerima sebuah informasi dan juga dapat berkomunikasi menggunakan alat elektronik yang sama, contohnya ialah Telepon dan VOIP.
3. Komunikasi Semi 2 Arah atau juga dalam artian disebut komunikasi Half Duplex. didalam komunikasi jenis ini juga dapat mengirim dan menerima informasi berkomunikasi , tetapi tidak berbarengan , melainkan bergantian . contohnya handytalky, chatroom dan FAX

Komponen

Komponen yang mendukung untuk berkomunikasi dan melakukan telekomunikasi yaitu.
1. Informasi : Informasi ini adalah suatu data yang dikirim maupun diterima oleh pengguna yang berupa suara,file,gambar maupun tulisan.
2. Pengirim : mengubah suatu informasi menjadi sebuah sinyal listrik untuk dikirim
3 Penerima : menerima sebuah sinyal elektromagnetik yang kemudian diubah menjadi sebuah sinyal listrik dan diubah lagi ke sebuah infotmasi asli sesuai dari pengirim yang langsung di proses supaya dipahami oleh penerima.
4. Media transmisi : media ini ialah sebuah alat yang berguna untuk mengirim . dikarenakan jaraknya jauh, sinyal pengirim ini diubah lagi dengan gelombang radio, kemudian diubah lagi menjadi sebuah gelombang elektromagnertik yang dipancarkan menggunakan antena .

Perkembangan
Perkembangan telekomunikasi ini semenjak ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell, sangatlah berkembang pesat , bahkan sekarang bisa jadi tercepat diantara sistem yang lain. Apalagi Semenjak ditemukannya transistor integrated circuit atau IC , sistem prosesor dan juga sistem penyimpanan.
sumber : http://artikeljaringancomputer.weebly.com/kumpulan-artikel-jaringan-komputer/apa-itu-telekomunikasi

Komentar

Postingan Populer