PEMANCAR TELEVISI

Sebuah pemancar televisi adalah perangkat yang merupakan siaran elektromagnetiksinyal ke televisi penerima . Televisi pemancar mungkin analog atau digital .

Jenis-jenis pemancar
Ada banyak jenis pemancar tergantung pada
•           Standar Sistem
•           Output daya
•           Back up fasilitas
•           Stereoponis (atau suara ganda ) fasilitas
•           Kekuatan aural dan visual menggabungkan prinsip
•           Sirkuit aktif elemen dalam tahap penguat akhir

 Sistem Standar
Sebuah rencana internasional oleh ITU ( International Telecommunication Union ) pada standar siaran yang biasanya dikenal sebagai rencana Stockholm (1961) mendefinisikan standar yang digunakan dalam penyiaran . Dalam rencana ini, tokoh paling penting untuk pemancar frekuensi radio , frekuensi pemisahan antara operator aural dan visual dan lebar band .

Input Tahap Pemancar
The Audio (AF) masukan (atau masukan dalam kasus stereoponis penyiaran) biasanya sinyal dengan bandwidth maksimum 15 kHz dan 0 dBm tingkat maksimum. Preemphasiskonstanta waktu adalah 50 mikrodetik. Sinyal setelah melewati tahap penyanggaditerapkan ke modulator mana memodulasi suatu frekuensi menengah pembawa ( IF ). Teknik modulasi biasanya frekuensi modulasi (FM) dengan maksimum khas deviasi dari 50 kHz (untuk 1 masukan kHz. pada tingkat 0 dBm).
The Video (VF) masukan adalah sinyal video komposit (video informasi dengan sinkronisasi) maksimal 1 volt pada impedansi 75 Ω. (1 batas V adalah untuk sinyal pencahayaanBeberapa operator dapat menerima ditumpangkan. sinyal warna sedikit di atas 1 V.)Setelah buffer dan 1 V kliping sirkuit sinyal diterapkan untuk modulator mana memodulasi sinyal frekuensi menengah (yang berbeda dari yang digunakan untuk sinyal aural.) modulasi adalah modulator amplitudo yang memodulasi sinyal IF dengan cara di mana 1 VVF sesuai dengan tingkat rendah IF dan 0 volt VF sesuai dengan tingkat tinggi JIKA. PM modulasi menghasilkan dua band sisi simetris dalam sinyal termodulasi. Jadi JIKA lebar band adalah dua kali lebar band video. (Yaitu jika bandwidth VF adalah 4,2 MHz, JIKAbandwidth 8,4 MHz.) Namun, modulator diikuti oleh filter khusus yang dikenal sebagai Vestigial sideband (VSB) filter. Filter ini digunakan untuk menekan sebagian dari salah satu band sisi, sehingga bandwidth berkurang. (Karena kedua sisi band berisi informasi identik, penekanan ini tidak menimbulkan kerugian dalam informasi.)

Tahap Output
Sinyal termodulasi diterapkan pada mixer (juga dikenal sebagai konverter frekuensi). Input lain ke mixer yang biasanya diproduksi dalam oven kristal osilator yang dikenal sebagai subcarrier . Dua output dari mixer adalah penjumlahan dan perbedaan dari dua sinyal. Sinyal yang tidak diinginkan (biasanya jumlahnya) disaring keluar dan sinyal yang tersisa adalah frekuensi radio ( RF ) sinyal. Kemudian sinyal diterapkan pada penguat tahap. Jumlah amplifier seri tergantung pada output yang dibutuhkan kekuasaan . Tahap akhir biasanya merupakan penguat yang terdiri dari banyak kekuatan paralel transistor . Tapi dalam pemancar tua tetrodes atau klystrons juga dimanfaatkan.

Sinyal Aural Dan Visual Menggabungkan
Ada dua metode:
1.                   Split sound system
Sebenarnya ada dua pemancar paralel satu untuk aural dan satu untuk sinyal visual. Dua sinyal digabungkan pada output melalui daya tinggi Combiner . Selain Combiner, sistem ini memerlukan mixer dan amplifier yang terpisah untuk sinyal aural dan visual. Ini adalah sistem yang digunakan dalam aplikasi daya paling tinggi.

Blok diagram dari pemancar TV (intercarrier metode).
2.                 Intercarrier sistem
Ada tahapan masukan dua satu untuk AF dan satu untuk VF.Tapi dua sinyal yang dikombinasikan dalam daya rendah JIKA sirkuit (yaitu, setelah modulator) mixer dan amplifier yang umum untuk kedua sinyal dan sistem tidak perlu combiners daya tinggi. Jadi baik harga pemancar dan konsumsi daya jauh lebih rendah daripada sistem membagi suara tingkat daya yang sama. Tapi dua sinyal melewati amplifier menghasilkan beberapa intermodulation produk. Sehingga sistem intercarrier tidak cocok untuk aplikasi daya tinggi dan bahkan pada pemancar daya rendah sebuah takik filter untuk menolak produk modulasi silang harus digunakan pada output.
 Daya Keluaran
Para daya output dari pemancar didefinisikan sebagai kekuasaan selama sinkronisasi pulsa. Tapi kekuatan output dari peralatan transmisi dan kekuatan output dari antena adalah dua kuantitas yang berbeda. Daya keluaran dari antena dikenal sebagai ERP yang sebenarnya kali pemancar daya gain antena.

Sinyal
1.                 Istilah Umum
Sinyal adalah suatu isyarat untuk melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. Biasanya sinyal ini berbentuk tanda-tanda, lampu-lampu, suara-suara, dll. Dalam kereta api, misalnya, sinyal berarti suatu tanda untuk melanjutkan atau meneruskan perjalanan ke tempat/stasiun berikutnya, dan biasanya sinyal ini dikirimkan oleh stasiun yang terkait.

2.                 Istilah Teknik
Di teknik elektro, teknik informasi dan teknik kendali, sinyal adalah besaran yang berubah dalam waktu dan atau dalam ruang, dan membawa suatu informasi. Sinyal disini biasanya berupa Sinyal Elektrik

Pengertian / Arti Definisi Frekuensi
Frekuensi adalah benyaknya getaran yang terjadi dalam kurun waktu satu detik. Rumus frekuensi adalah jumlah getaran dibagi jumlah detik waktu. Frekuensi memiliki satuan hertz / Hz.

Pengertian / Arti Definisi Amplitudo
Amplitudo adalah jarak terjauh simpangan dari titik keseimbangan.

Kartu TV tuner (tuning)
1.                 Hauppauge WinTV kartu TV tuner dengan populer Bt878 Chip
Sebuah kartu TV tuner adalah jenis tuner televisi yang memungkinkan televisi sinyal diterima oleh sebuah komputer . Kebanyakan TV tuner juga berfungsi sebagai video capture card, yang memungkinkan mereka untuk merekam program televisi ke hard diskmirip dengan Tivo perekam video digital (DVR) tidak.

Varian

ATI Twin Ajaib digital TV tuner card
Sebuah DVB-S2 tuner card                D-Link tuner eksternal TV

Interface untuk kartu TV tuner yang paling sering baik PCI bus ekspansi kartu atau lebih baru PCI Express (PCIe) bus kartu modern, tetapi PCMCIA , ExpressCard , atau USBperangkat juga ada. Selain itu, beberapa kartu video ganda sebagai TV tuners, terutama ATI All-In-Wonder seri. Kartu ini berisi tuner dan konverter analog-ke-digital (secara kolektif dikenal sebagai analog front end) bersama dengan antarmuka Demodulation dan logika. Beberapa rendah-end kartu kurangnya prosesor onboard dan, seperti Winmodem , bergantung pada sistem CPU untuk Demodulation.

Saat ini ada empat jenis kartu tuner di pasar:
1.                 Analog TV tuner
Televisi analog output kartu streaming video mentah, cocok untuk real-time viewing tapi idealnya membutuhkan beberapa jenis kompresi video jika itu harus dicatat. TV tuners lebih maju menyandikan sinyal untuk Motion JPEG atau MPEG , menghilangkan CPU utama beban ini. Beberapa kartu juga memiliki input analog ( video komposit atau S-Video ) dan banyak juga menyediakan tuner (radio) .

2.                 Hybrid tuner
Sebuah hibrida tuner memiliki satu tuner yang dapat dikonfigurasi untuk bertindak sebagai tuner analog atau digital tuner. Beralih antara sistem cukup mudah, tetapi tidak dapat dilakukan segera. Kartu beroperasi sebagai tuner digital atau analog tuner sampai ulang.

3.                 Combo tuner
Ini mirip dengan hybrid tuner, kecuali ada dua tuner terpisah pada kartu. Satu dapat menonton analog ketika merekam digital, atau sebaliknya. Kartu beroperasi sebagai tuner analog dan tuner digital secara bersamaan. Keuntungan lebih dari dua kartu terpisah biaya dan pemanfaatan slot ekspansi pada komputer. Seperti banyak daerah di seluruh dunia mengkonversi dari analog ke siaran digital, tuner yang mendapatkan popularitas.

Seperti kartu analog, tuner Hybrid dan Combo dapat memiliki chip khusus pada kartu tuner untuk melakukan pengkodean, atau meninggalkan tugas ini ke CPU. Kartu tuner dengan ‘encoding hardware’ umumnya dianggap sebagai kualitas yang lebih tinggi [. rujukan? ] kecil USB stick tuner telah menjadi lebih populer di tahun 2006 dan 2007 dan diharapkan untuk meningkatkan popularitas. Tuner ini kecil umumnya tidak memiliki encoding hardware karena kendala ukuran dan panas.

Sementara sebagian besar TV tuners terbatas pada frekuensi radio dan video yang format yang digunakan di negara penjualan, banyak TV tuner yang digunakan dalam komputer menggunakan DSP , sehingga firmware upgrade sering semua yang diperlukan untuk mengubah format video yang didukung. Banyak TV tuner baru memiliki memori flash cukup besar untuk menampung set firmware untuk decoding beberapa format video yang berbeda, sehingga memungkinkan untuk menggunakan tuner di banyak negara tanpa harus flash firmware. Namun, sementara itu umumnya mungkin untuk kartu flash dari satu format analog lain karena kesamaan, umumnya tidak mungkin untuk kartu flash dari satu format digital yang lain karena perbedaan dalam logika decode diperlukan.

Banyak TV tuner yang dapat berfungsi sebagai radio FM , ini karena ada kesamaan antara siaran televisi dan radio FM. Spektrum radio FM dekat dengan (atau bahkan di dalam) yang digunakan oleh VHF siaran TV terestrial. Dan banyak sistem siaran televisi di seluruh dunia menggunakan audio FM. Jadi mendengarkan stasiun radio FM hanyalah kasus mengkonfigurasi hardware yang telah ada.

4.                 Mobile TV
Lampiran TV tuner kartu eksternal yang tersedia untuk ponsel handset seperti iPhone , untuk menonton mobile TV , melalui stasiun TV di 1seg di Jepang ( SoftBank ), dan untuk segera untuk berlangganan berpemilik MediaFLO di Amerika Serikat ( Qualcomm ). Ada juga sebuah “converter” untuk menonton DVB-H di Eropa dan tempat lain melalui WiFivideo streaming ( PacketVideo ).

Video Capture
Video capture card kelas perangkat video capture yang dirancang untuk plug langsung ke slot ekspansi pada komputer pribadi dan server. Model dari banyak produsen yang tersedia, semua sesuai dengan salah satu standar host bus populer termasuk PCI , baru PCI Express (PCIe) atau AGP interface bus.
Kartu ini biasanya mencakup satu atau lebih driver perangkat lunak untuk mengekspos fitur kartu ‘, melalui berbagai sistem operasi , aplikasi perangkat lunak yang memproses lebih lanjut video untuk tujuan tertentu. Sebagai kelas, kartu yang digunakan untuk menangkap baseband analog video komposit , S-Video , dan, dalam model-model yang dilengkapi dengan tuner, RF termodulasi video. Beberapa kartu khusus mendukung video digital melalui standar pengiriman video digital termasuk Serial Digital Interface (SDI) dan, baru-baru ini, yang muncul HDMI standar. Model ini sering mendukung kedua definisi standar (SD) dan definisi tinggi (HD) varian.
Sementara sebagian PCI dan PCI-Express perangkat menangkap didedikasikan untuk tujuan itu, perangkat menangkap AGP biasanya disertakan dengan grafik di papan disesuaikan sebagai paket all-in-one. Tidak seperti video editing card, kartu ini cenderung tidak memiliki perangkat keras khusus untuk pemrosesan video luar konversi analog-ke-digital . Kebanyakan, tetapi tidak semua, kartu video capture juga mendukung satu atau lebih kanal audio. Teknologi baru memungkinkan PCI-Express dan HD-SDI untuk diterapkan pada kartu video capture dengan biaya lebih rendah daripada sebelumnya.
Ada banyak aplikasi untuk kartu capture video termasuk mengkonversi sumber analog hidup ke dalam beberapa jenis media analog atau digital, (seperti VHS kaset ke DVD ), pengarsipan, video editing, jadwal perekaman (seperti DVR ), tuning televisi , atau video surveillance. Kartu mungkin memiliki desain yang berbeda secara signifikan untuk mendukung secara optimal masing-masing fungsi.
Salah satu aplikasi paling populer untuk kartu video capture untuk menangkap video dan audio untuk video streaming internet langsung. Aliran hidup juga dapat secara bersamaan diarsipkan dan diformat untuk video on demand . Kartu menangkap digunakan untuk tujuan ini biasanya dibeli, diinstal, dan dikonfigurasi dalam sistem PC host oleh penggemar atau sistem integrator. Beberapa perawatan yang diperlukan untuk memilih sistem host yang cocok untuk video encoding, khususnya HD aplikasi yang lebih dipengaruhi oleh CPUkinerja, jumlah core CPU , dan beberapa motherboard karakteristik yang sangat mempengaruhi kinerja ambil.

Televisi LCD
Definisi: Sebuah televisi LCD adalah televisi panel datar yang memanfaatkan Crystal Display teknologi dasar yang sama Cair yang telah di digunakan untuk beberapa waktu di ponsel, camcorder viewfinder, dan monitor komputer.
Panel LCD terbuat dari dua lapisan dari bahan kaca seperti, yang terpolarisasi, dan “terpaku” bersama-sama. Salah satu lapisan dilapisi dengan polimer khusus yang memegang kristal cair individu. Arus listrik kemudian dilewatkan melalui kristal individu, yang memungkinkan kristal untuk lulus atau memblokir cahaya untuk membuat gambar. LCD kristal tidak menghasilkan cahaya mereka sendiri, sehingga sumber cahaya eksternal, seperti lampu neon yang dibutuhkan untuk gambar yang dibuat oleh LCD untuk menjadi terlihat untuk penampil.
Selain itu, dengan beberapa modifikasi, teknologi LCD juga digunakan di beberapa televisi proyeksi belakang.
Disebut Juga Sebagai: Kristal Cair televisi Tampilan

Pixel
Menurut ilmu komputer adalah komponen diskrit terkecil dari suatu gambar atau gambar pada layar CRT (biasanya titik berwarna); “semakin besar jumlah pixel per inci resolusi semakin besar” .Pixel umumnya diatur dalam baris dan kolom, sebuah kombinasi tertentu antara pixel nilai kecerahan dan warna gambar berbagai bentuk.



Modulasi
Dalam elektronik dan telekomunikasi , modulasi adalah proses yang bervariasi satu atau lebih properti dari frekuensi tinggi periodik gelombang , yang disebut sinyal pembawa , dengan sinyal modulasi yang biasanya berisi informasi yang akan dikirim. Hal ini dilakukan dengan cara yang sama dengan musisi modulasi nada (gelombang periodik) dari instrumen musik dengan memvariasikan yang volumenya , waktu dan lapangan . Tiga parameter kunci dari gelombang periodik yang amplitudo (“volume”), yang fase (“timing”) serta frekuensi(“pitch”.)
Dalam telekomunikasi , modulasi adalah proses menyampaikan sinyal pesan, misalnya aliran bit digital atau sinyal audio analog, di dalam sinyal lain yang dapat ditransmisikan secara fisik. Modulasi gelombang sinus digunakan untuk mengubah sebuah basebandsinyal pesan menjadi passband sinyal,
Sebuah alat yang melakukan modulasi dikenal sebagai modulator dan sebuah perangkat yang melakukan operasi invers dari modulasi dikenal sebagai demodulator (kadang detektor atau demod). Sebuah perangkat yang dapat melakukan kedua operasi adalah modem (dari “mo-dem dulator odulator”).
Tujuan modulasi digital adalah untuk mentransfer digital bit stream dari analog bandpasssaluran , misalnya melalui jaringan telepon umum beralih (mana bandpass filter yangmembatasi rentang frekuensi antara 300 dan 3400 Hz), atau melalui pita frekuensi radio yang terbatas .
Tujuan dari modulasi analog adalah untuk mentransfer analog baseband (atau lowpass ) sinyal, misalnya sinyal audio atau sinyal TV, melalui bandpass analog saluran pada frekuensi yang berbeda, misalnya di atas pita frekuensi radio yang terbatas atau saluran TV kabel jaringan .










sumber:http://wcahyaningtyas.blogspot.com/2018/07/pemancar-televisi-sebuahpemancar.html

Komentar

Postingan Populer